jasa service | pasang | pompa air | yogyakarta

Service

Jasa kami meliputi :
Service pasang pompa air dan jual beli pompa air baik baru maupun bekas, Pengeboran sumur untuk rumah tangga dan Industri, suntik sumur, buat sumur gali dan resapan, pasang penangkal petir / grounding, sedot wc / saluran mampet.
Bergaransi!

Entri Populer

Monday, December 15, 2014
Pertanyaan Seputar Pompa Air
  • Apa yang menyebabkan mesin cepat panas, dan jika sudah panas langsung mati, apa kira-kira kendalanya, dan bagaimana cara memperbaikinya? bila mesin panas dan langsung mati adalah normal karena thermal protector mesin bekerja. Bila tidak mati mesin akan langsung terbakar. Penyebabnya dapat berbagai macam, ada sumbatan di pipa hisap, atau ada kerikil yang mengganjal di impeller sehingga putaran mesin menjadi tidak normal. Kemungkinan lain ball bearing sudah tidak berfungsi. Bisa dicoba mengganti ball bearing, membersihkan impeller, atau mengangkat pipa hisap dan coba membersihkan bagian foot klep di ujung pipa.
  • Apa saja yang harus diperhatikan dalam membeli pompa?
    • Kondisi pompa tidak cacat / rusak / masih disegel.
    • Lihat juga kelengkapan aksesoris pompa yang diberikan.
    • Pastikan ada hologram pada kotak yang menandakan pompa tersebut belum pernah dibuka.
  • Benarkah saya harus membeli 2 pompa untuk mendorong dan menghisap? Perlu dihitung besar rumah dan kebutuhan air anda. Bila cukup besar maka memang diperlukan 2 buah pompa, yang satu untuk supply penampungan dan satunya lagi untuk pendorong (booster pump).
  • jenis pompa apa yang baik digunakan untuk menghisap air dari pipa pdam? Menghisap air pdam dengan pompa tidak diperkenankan, anda bisa ditindak secara hukum. Sebaiknya anda menggunakan penampungan di bawah tanah dahulu (ground tank) sebelum diedarkan ke seluruh kran atau dinaikkan ke water torn. Penampungan di bawah tanah berguna untuk mengejar elevasi yang lebih rendah.
  • Kenapa suara pompa saya sangat kasar dan berisik? Pada umumnya pompa memang berisik. Namun standar kebisingannya tidak melebihi 46 decibel (db). Apabila melebihi standar tersebut, maka periksalah kondisi ball bearing pompa tersebut.
  • Apakah pompa akan rusak jika tidak ada air yang disedot sewaktu dihidupkan? Untuk dihidupkan sebentar (sekitar 5 menit) tidak akan bermasalah. Namun bila dihidupkan terus tanpa adanya cairan akan merusak mechanical seal, ball bearing dan lain-lain, termasuk terbakarnya motornya.
  • Berapa lamakah pompa dapat dihidupkan terus menerus tanpa berhenti tanpa menyebabkan pompa tersebut rusak / terbakar? Pada prinsipnya pompa air dapat bekerja selama 24 jam non stop selama sumber airnya tidak kering (kosong). Namun alangkah baiknya bila dipakai 2 buah pompa air yang diberi relay protection dimana pompa akan bekerja bergantian setiap 1 atau 2 jam sesuai keinginan anda.
  • Berapa tahun ketahanan sebuah pompa air? Pada kondisi normal 6 – 10 tahun. Tergantung kelasnya.
  • Kenapa arus pasokan pompa tidak maksimal? Ada beberapa kemungkinan: Katup / foot klep terhambat coba dibersihkan, kemiringan pipa memungkinkan adanya kantung udara coba betulkan kemiringannya,  baling-baling aus atau terhambat coba dibersihkan atau diganti suku cadangnya.
  • Kenapa pompa air setiap hendak saya pakai harus dipancing dulu dengan air ? Untuk pompa air dengan kondisi baru terpasang memang harus dipancing terlebih dahulu. Tetapi bila telah berjalan dan setiap kali masih harus dipancing maka perlu diperiksa pipa hisapnya, kemungkinan ada kebocoran dari sambungan pipa yang kurang merekat (kurang dilem). Bisa pula karena foot klep bocor atau tersumbat kotoran / pasir.
  • Untuk ukuran pipa hisap & dorong, apakah sebaiknya mengikuti ukuran bawaan pompa? Bila boleh berbeda, mana yang lebih baik, ukuran pipa outlet lebih besar dari inlet, atau sebaliknya?ukuran pipa hisap dan dorong memang sebaiknya mengikuti ukuran bawaan pompa, tetapi kadang banyak konsumen memperkecil dengan alasan penghematan biaya pipa. Dalam kasus ini sebaiknya dipilih pipa outlet yang lebih kecil sedangkan pipa inlet sesuai diameter pompa.
  • Dengan menggunakan pompa jenis jet pump. Bolehkah memasang pipa sumur bor dengan casing 4″ satu buah kemudian sisanya ke bawah menggunakan casing yang lebih kecil?pompa jet pump cocok digunakan pada kedalaman air di atas 9 meter. Dengan casing 4″ hanya 1 batang, berarti ventury jet tersebut tidak terendam (biasanya ini disebut dengan sistem jet gantung). Padahal komponen ini harus terendam di dalam air, bila tidak kinerja pompa-nya tidak akan maksimal. Panjang pipa casing 4″ minimal mencapai permukaan air tercapai sehingga ventury jet dapat direndam dalam air.
  • Jika saya ingin menyedot air dari bak air di lantai dasar ke tangki penampungan di lantai 2, sebaiknya saya gunakan pompa jenis apa dengan kapasitas berapa ? Dimana sebaiknya pompa saya letakkan, di bawah atau di lantai atas ? Anda dapat gunakan pompa air sumur dangkal. Untuk kapasitasnya tinggal anda cek kapasitas bak lantai dasar dan tangki atas berapa besar daya tampungnya. Sebaiknya pompa diletakkan di dekat bak air di bawah karena dekat dengan sumber air.
  • Untuk mematikan pompa secara otomatis, mana yang lebih baik memasang sistem pelampung ataukah sistem radar pada kran pengisi water torn? Lebih baik radar. Sistem ini mirip dengan mematikan stop kontak secara manual. Cara kerja sistem radar (liquid level switch) : Saat water torn penuh maka tabung pemberat akan terangkat, switch juga ikut terangkat dan listrik akan diputus secara otomatis sehingga pompa mati. Saat air berkurang maka tabung pemberat akan menggantung dan switch otomatis akan menghidupkan pompa kembali. Anda perlu memodifikasi kabel listrik pompa untuk menghubungkannya dengan switch yang ada di water torn.
radar
skema pemasangan radar

  • Apakah bisa pompa type jet pump (sumur dalam) diubah menjadi pompa sumur dangkal atau semi jet pump, dengan menutup lubang angin (diplug), jadi instalasi pipanya seperti pompa sumur dangkal, hanya ada 1 suction pipa? bisa. Hanya saja kemampuan menghisap airnya menjadi setara kemampuan semi jet.

0 comments:

Post a Comment